Piaggio didirikan pada tahun1884 di Italia oleh Rinaldo Piaggio.
Pada awalnya Piaggio adalah pabrikan yang memproduksi peralatan kapal,
rel kereta dan gerbong kereta api. Pada saat Perang Dunia Pertama
berkecamuk, Piaggio memproduksi pesawat terbang.
Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio di bom oleh pesawat
sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari
ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang
memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah
Dibantu oleh ahli pesawat terbang Corradino D’Ascanio, Enrico
menciptakan sebuah design alat transportasi roda dua dengan inspirasi
dan teknologi dari pesawat terbang. Konstruksi suspensi monoshock untuk
memudahkan mengganti ban diadaptasi dari roda pesawat terbang, bahkan
produk pertamanya benar-benar menggunakan roda depan pesawat terbang.
Starter dibuat dari bagian komponen bom, serta bodinya terbuat dari
alumunium seperti bodi pesawat terbang.
Menurut berbagai sumber, Vespa di produksi pertama kali pada tahun
1945. Kata ”Vespa” berasal dari kata ”Wesp” yang berarti ”binatang
penyengat atau lebah”. Memang konstruksi Vespa jika dilihat dari atas
terlihat seperti lebah.
Dalam perkembangannya, Vespa tidak hanya di pasarkan di Italia,
tetapi juga laris di Perancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Brasil serta
India. Karena minat konsumen yang begitu besar, Vespa juga di prosuksi
di Jerman dan Inggris.
Selain Vespa, pada masa itu juga lahir berbagai merek kendaraan roda
dua jenis ini, seperti Lambreta, Zundap, Heinkel, NSU, Hummel. Akan
tetapi yang hingga saat ini eksis di Indonesia adalah Vespa dan disusul
oleh Lambretta
Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta,
sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak
mempunyai saingan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia yang unik tidak
memberikan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar. Merek yang
diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia
ini mempunyai penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa
(terutama Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di Indonesia, Juga
sering disebut Piaggio Kodok karena mirip VW Kodok.
Enrico Piaggio mengambil alih perusahan
ayahnya (Rinaldo). Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian
perusahaannya pada masalah personal Mobility yang dibutuhkan masyarakat
Italia.Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang
penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan
Helikopter Modern Pertamanya vespa-10Piaggio. D’Ascanio membuat
rancangan yang simple, ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio
memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran
dari teknologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang
dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu
depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk
penggantian ban. Hasilnya sebuah design yang terinspirasi dari pesawat
yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain. Saat melihat
kendaraan itu, Enrique Piaggio berkata “ Sambra Una Vespa” ( terlihat
seperti Tawon ). Frame depan dirancang untuk melindungi pengendara dari
debu jalanan. Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10
tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950,
vespa telah diproduksi di German, Great Britain, Prancis, Belgia,
Spanyol dan tentu di Italia. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa
menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu. Dan cerita terus
berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan
Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan
hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.
versi lainnya menyebutkan
Piaggio didirikan pada tahun1884 di Italia oleh Rinaldo Piaggio. Pada
awalnya Piaggio adalah pabrikan yang memproduksi peralatan kapal, rel
kereta dan gerbong kereta api. Pada saat Perang Dunia Pertama
berkecamuk, Piaggio memproduksi pesawat terbang.
Pada akhir Perang Dunia II, pabrik
Piaggio di bom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio
mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu
perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain
alat transportasi yang murah
Dibantu oleh ahli pesawat terbang Corradino D’Ascanio, Enrico
menciptakan sebuah design alat transportasi roda dua dengan inspirasi
dan teknologi dari pesawat terbang. Konstruksi suspensi monoshock untuk
memudahkan mengganti ban diadaptasi dari roda pesawat terbang, bahkan
produk pertamanya benar-benar menggunakan roda depan pesawat terbang.
Starter dibuat dari bagian komponen bom, serta bodinya terbuat dari
aluminium seperti bodi pesawat terbang.
ancol-pamer-vespaMenurut berbagai sumber, Vespa di produksi pertama kali
pada tahun 1945. Kata ”Vespa” berasal dari kata ”Wesp” yang berarti
”binatang penyengat atau lebah”. Memang konstruksi Vespa jika dilihat
dari atas terlihat seperti lebah.
Dalam perkembangannya, Vespa tidak hanya di pasarkan di Italia, tetapi
juga laris di Perancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Brasil serta India.
Karena minat konsumen yang begitu besar, Vespa juga di prosuksi di
Jerman dan Inggris.
Selain Vespa, pada masa itu juga lahir berbagai merek kendaraan roda dua
jenis ini, seperti Lambreta, Zundap, Heinkel, NSU, Hummel. Akan tetapi
yang hingga saat ini eksis di Indonesia adalah Vespa dan disusul oleh
Lambretta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
monggo di komen